Menjadi Wirausahawan Sukses

Untuk mencapai puncak karir wirausaha, Murphy and Peck menggambarkan 8 anak tangga, yaitu:

1. Mau Kerja Keras (Capacity for hard work)
Kerja keras merupakan modal dasar untuk keberhasilan seseorang. Setiap pengusaha yang sukses selalu menempuh saat-saat ia harus bekerja keras membanting tulang dalam merintis perusahaannya. Sikap kerja keras harus dimiliki seorang wirausahawan. Dalam hal ini sikap disiplin memainkan peran penting, sebab, bagaimana orang mau bekerja keras jika disiplin tidak ada.

2. Bekerjasama dengan orang lain (getting things done with and thourgh people)
Perbanyaklah teman dengan orang-orang di bawah ataupun dengan orang-orang di atas kita. Murah hati, banyak senyum kepada bawahan maupun atasan, hindari permusuhan. Dengan menggunakan tenaga orang lain, maka tujuan mudah tercapai. Seorang wirausahawan mudah bergaul, disenangi oleh masyarakat. Harus berperilaku menyenangkan, sehingga memudahkan bekerjasama dalam mencapai keberhasilan.

3. Penampilan menarik (good apperance)
Ini bukan berarti penampilan body face/muka yang elok atau cantik, akan tetapi lebih ditekankan pada penampilan perilaku jujur, disiplin. Banyak orang tertipu dengan rupa nan elok tetapi ternyata orangnya penipu ulung. Pribadi yang baik dan jujur akan disenangi orang dimana-mana dan akan sukses bekerjasama dengan siapa saja.

4. Yakin (self confidence)
Harus memiliki keyakinan diri bahwa kita akan sukses melakukan suatu usaha, jangan ragu dan bimbang.

5. Pandai membuat keputusan (making sound decision)
Jika dihadapkan pada alternatif, harus memilih, maka buatlah pertimbangan yang matang. Kumpulkan berbagai informasi, boleh minta pendapat orang lain, setelah itu ambil keputusan, jangan ragu-ragu.

6. Mau menambah ilmu pengetahuan (college education)
Pendidikan adalah nomor 1. Tenaga tak terdidik harganya murah sekali. Sebaliknya orang terdidik, memiliki ilmu dan keterampilan akan dibayar mahal. Pendidikan ini bukan berarti harus perguruan tinggi, melainkan pendidikan dalam bentuk kursus, penataran di kantor, membaca buku dsb.

7. Ambisi untuk maju (ambition drive)
Kita harus punya semangat tinggi. Orang yang gigih dalam melakukan pekerjaan dan tantangan, biasanya banyak berhasil dalam kehidupan.

8. Pandai berkomunikasi (ability to communicate)
Pandai berkomunikasi berarti pandai mengorganisasi buah pikiran ke dalam bentuk ucapan-ucapan yang jelas, menggunakan tutur kata yang enak didengar, mampu menarik perhatian orang lain. Komunikasi baik diikuti perilaku jujur, konsisten dalam pembicaraan akan membantu seseorang dalam mengembangkan karir masa depannya. Akhirnya dengan komunikasi itu seseorang dapat mencapai puncak karir, meraih kursi empuk yang menjadi idaman semua orang.

http://fastkaya.blogspot.com

Tidak ada komentar: